Minggu, 10 Oktober 2010

Windows Mobile 7


Windows Mobile adalah operating system yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan pada suatu ponsel ataupun perangkat nirkabel lainnya. Untuk saat ini windos mobile baru sampai versi 6, oleh karena itu Windows Mobile 7 baru dalam penggarapan namun sudah banyak pengembangannya dan penampilannya di pameran-pameran. Windows ini sudah didesain khusus untuk menyerupai versi Windows Desktop, dan OS ini berbasis kernel (CE 5.2). Pada OS ini pertama kali dikenalkan system operasi Pocket PC 2000 dan telah dilengkapi fitur Styles Pen yang mempermudah user untuk menjalankan perintah dilayar hanya dengan men-tap nya. OS ini pertama kali dikenalkan ke public pada 15 Februari 2010 di Barcelona, Spanyol. Lain dengan sebelumnya, pengguna OS ini tidak dapat mengupgrade windowsnya dari versi sebelumnya.

Menurut kabar sebelumnya, Windows Mobile 7 diperkenalkan ke para pengguna Microsoft di CES 2010, namun kongres itu hanya membahas masalah Microsoft lainnya. Windows ini baru dapat diperkenalkan di Mobile World Congres (MWC) 2010 yang merupakan pekan akbar untuk mengenalkan segala industri seluler pada bulan Februari di Barcelona. Robbie Bach mempaparkan bahwa OS ini bukan hanya sekedar evolusi namun juga akan bakal lebih bersahabat pada usernya yang dikenalkan pada kalangan pebisnis saja namun semua kalangan. Menurut laporan media asing, 1000 peneliti Microsoft akan kembangkan Windows Mobile 7. Perusahaan Microsoft mengatakan bahwa system Windows Mobile 7 ini akan dikembangkan untuk fitur jaringan social juga. Contohnya, user akan dapat melihat dimana tempat user lain yang sedang berkomunikasi dengan kita sedang melakukan aktifitas tersebut. Awalnya Microsoft akan memperkenalkan Windows ini di Los Angeles pada bulan November tahun lalu pada pekan Profeal Developers Confrence (PDC), namun terdapat penundaan yang tidak jelas apakah Microsoft akan menampilakannya. Windows semakin suram di masa depan karena makin banyaknya pesaing. Di pasar ponsel pintar AS, sistem Blackberry pangsa pasar 48%, ponsel iPhone yang menggunakan Mac OS X 19%, sedangkan Windows Mobile sendiri adalah 15%.

Sesuai yang disampaikan CEO Microsoft Corp Steve Ballmer pada Mobile World Congress di Barcelona, Windows Mobile 7 dijadwalkan bisa diluncurkan pada akhir tahun ini. Sebagai kerjasamanya Windows akan meminjam elemen desain dari pemutar music Zune milik Microsoft (MSFT). Piranti lunak ini kemuingkinan juga akan kompatibel dengan Microsoft Xbox Live Games. Smartphone berbasis sistem operasi buatan Microsoft yang terakhir yaitu Windows Mobile 6 5 banyak mendapat ulasan buruk pada musim gugur lalu yang disebabkan rumitnya penggunaan ketimbang piranti lunak pesaing.
Yang paling menarik dari OS ini adalah tiadanya sisa jejak OS Windows Mobile sebelumnya, yakni versi 6. Windows Mobile 7 adalah OS yang sama sekali baru, dibuat dengan dasar OS yang telah digunakan sebelumnya pada produk pemutar musik MP3 Microsoft (dan akan menggunakan bentuk yang mirip dengan fisiknya), Zune. Dimana hal tersebut telah dirumorkan sebelumnya oleh banyak kalangan dengan tambahan kapasitas telepon.

Bentuk sendiri mirip dengan Zune. Warna cerah terang, ikon menu kotak dengan tulisan yang besar dan aksen chiclet. Telepon dari Microsoft ini memiliki 6 fitur utama, yakni People, Pictures, Games, Music+Video, Marketplace, dan Office. Masing-masing fitur mempunyai warna dan jenis playground yang unik serta desain antarmuka yang menarik dan berbeda dari OS pendahulunya.

Browser yang akan digunakan adalah versi multi-touch dari Internet Explorer. Yang membedakan tentunya adalah desain antarmukanya yang dengan teknologi sentuhan, meskipun tidak menawarkan kecepatan yang kencang. Untuk koneksi email, Microsoft Outlook akan digunakan dan telah mendukung Microsoft Exchange dan dengan menggunakan desain antarmuka yang menarik juga.

Windows Mobile 7 diperkirakan akan mampu menandingi Apple iPhone, sejak kemunculannya pada tahun 2007.

Menurut saya, kelebihan dari Windows Mobile 7 ini dbanding dengan OS yang lainnya adalah :
- Windows ini telah dilengkapi Pocket PC 2000, yang mempermudah user dalam penggunannya yang hanya meng-tap layarnya.
- Pada Windows ini telah dikembangkan fitur social yang dapat mengkonfirmasi keberadaan user lain yang sedang berkomunikasi.
- Windows ini sudah dapat kompatibel dengan perangkat Microsoft lainnya.

Kekurangan dari Windows Mobile 7 ini adalah :
- Karena penggarapannya yang tertunda-tunda, windows ini mengalami perkembangan yang sangat lambat dari pesaing-pesaing lainnya.
- Windows Mobile 7 ini memiliki kecepatan yang tidak begitu kencang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar